Ultimate magazine theme for WordPress.

Antisipasi Dampak Corona, Pemerintah Percepat Cairkan Dana Bantuan Program Keluarga Harapan

JAKARTA – Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), pemerintah mempercepat pencairan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), yang awalnya pencairan tahap II pada April dipercepat mejadi Maret 2020.

Menteri Sosial, Juliari Batubara mengatakan, percepatan bantuan PKH ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan merebaknya virus corona.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kami harus menjaga daya beli Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH sebagai kelompok yang sangat rentan terhadap perlambatan ekonomi atau ekonomi lemah akibat penyebaran virus corona,” kata Juliari dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (16/3/2020).

Pemerintah berharap dengan dipercepatnya pencairan dana PKH dapat menjaga daya beli KPM dan dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan gizi anak sehingga dapat terhindar dari penyebaran Covid-19.

Kemensos mencatat KPM yang telah mencairkan bantuan PKH pada tahap II yaitu Kalimantan Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Pesawaran, Bengkulu, NTT, Pandeglang, Serang, Kabupaten Lebak, Jawa Tengah, Maluku dan Maluku Utara, Sulawesi Tengah serta Sumatera Selatan.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Pepen Nazaruddin mencatat, besaran bantuan yang disalurkan pemerintah pada tahap II jumlahnya mencapai lebih dari Rp 7 triliun untuk 9.214.185 KPM.

Pepen menghimbau agar KPM PKH tidak panik dengan wabah virus corona ini agar tidak terjadi gejolak harga pangan karena panic buying. ()

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.