Ultimate magazine theme for WordPress.

Bertemu Prabowo, Jokowi Sebut Tak Bahas Soal Habib Rizieq

BACAFAKTA –  Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa saat pertemuannya dengan Prabowo Subianto pada Sabtu (13/7) lalu di Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sama sekali tidak menyinggung soal Rizieq Shihab.

Saat itu, dua tokoh tersebut bertemu di stasiun MRT Lebak Bulus menuju Senayan dan bersama-sama santap siang bersama di Sate Senayan Mall FX Sudirman.

Tim Tribun Network melakukan wawancara eksklusif dengan Presiden Jokowi, di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (18/7).

Jokowi menjelaskan, hal-hal yang dibicarakan adalah hal ringan dalam suasana akrab serta tidak kaku.

“Kami berbincang sambil makan dan minum yang ringan-ringan, kan lebih enak. ” ungkap Jokowi.

Tim wawancara menanyakan, apakah dalam pertemuan untuk rekonsiliasi di MRT itu disinggung soal Habib Rizieq Shihab?

“Ohhh tidak. Sama sekali tidak. Ringan-ringan semua kok.Baik ketika kami ngobrol di MRT dan rumah makan Sate Senayan tidak membahas soal itu,” jawab Jokowi seperti yang dikutip dari laman resmi Tribunnews.com.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, mengungkapkan alasan kenapa Rizieq Shihab tak kunjung pulang.

“Kalau ada berita yang menyatangkan, Rizieq ditangkal masuk ke Indonesia, itu tidak ada. Tidak ada rekayasa juga ya,” kata Wiranto sesuai rapat koordinasi terbatas tingkat menteri di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

Wiranto menegaskan Rizieq memiliki masalah pribadi sehingga terhambat kembali ke Tanah Air.

“Sementara ini yang bersangkutan (Rizieq) masih menghadapi problem pribadi dengan tinggalnya di Arab Saudi yang melebihi batas waktu atau overstay,” ujarnya.

Wiranto juga mengatakan, agar Rizieq menyelesaikan kewajibannya selama tinggal di Arab Saudi yang melanggar peraturan.

“Sementara Rizieq memang harus menyelesaikan dulu kewajibannya selama tinggal di Arab Saudi yang dianggap melanggar aturan, jadi itu masalah Rizieq,” katanya.

Dengan demikian, jelaslah bahwa Rizieq Shibab tidak masuk dalam materi pembicaraan saat pertemuan di MRT Lebak Bulus karena bukan urusan Prabowo dan Jokowi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi Rizieq.

Topik Rizieq tidak relevan untuk diangkat menjadi topik pembicaraan antara Jokowi dan Prabowo. Kendala kepulangan yang dihadapi Rizieq adalah urusan pribadi bukan urusan negara. (kania/mcf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.