Ultimate magazine theme for WordPress.

BPIP :PANCASILA SEBAGAI DASAR PEMERSATU BANGSA

JAKARTA – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi dalam acara Sarahsehan Nasional di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depo, Sabtu, 14 Maret 2020 mengatakan bahwa saat ini masyarakat harus berhati-hati terhadap narasi pihak tertentu yang mengandung unsur radikalisme dan ekstrimisme.

Seminar yang bertema “Menumbuhkan Pancasila Sebagai Landasan Kebersamaan Nasionalis Religius Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” dihadiri oleh lebih dari 100 santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, perwakilan lembaga, kiai, dan tokoh masyarakat setempat.
Dalam penjelasannya, Yudian menyatakan, masyarakat Indonesia sekarang harus bangga dan bisa meneruskan perjuangan para pemuda tempo dulu seperti sumpah pemuda yang memperjuangkan kemerdekaan.

Selain itu, pemersatu tertinggi bangsa dan sumber serta tujuan pancasila dapat ditemukan di 6 kitab suci agama yang diakui secara konstitusional di Indonesia.

“Sumber dan tujuan Pancasila dapat ditemukan di 6 kitab suci agama yang ada di Indonesia. Jadilah Pancasila itu religius,” katanya
Yudian menambahkan, bahwa untuk mewujudkan tujuan Pancasila perlu kemanusiaan. “Harus ada rasa kemanusiaan dalam diri masing-masing individu untuk bisa mewujudkan tujuan Pancasila, sehingga atas dasar inilah dapat kita simpulkan bahwa Pancasila merupakan perekat dan pemersatu bangsa yang besar ini” pungkasnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.