Ultimate magazine theme for WordPress.

DISIPLIN MASYARAKAT KUNCI HADAPI CORONA

JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai kebijakan dalam menghadapi situasi pandemic corona, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa lockdown bukan pilihan bagi negara untuk mencegah wabah Corona, namun kedisiplinan masyarakat dalam bentuk social distancing atau physical distancing yang dibutuhkan.

“Kita tidak akan menerapkan lockdown, tetapi social distancing atau physical distancing. Sebenarnya bukan soal physical distancing atau lockdown, tetapi yang penting adalah menerapkan disiplin. Oleh karena itu yang kita lakukan sekarang adalah bagaimana menerapkan disiplin masyarakat untuk mematuhi seruan itu,” kata Wapres Ma’ruf Amin dalam telekonferensi pers dari rumah dinas wapres di Jakarta, Kamis (26/3).

Ketimbang lockdown, lanjutnya, pemerintah kini lebih mengandalkan masyarakat untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak fisik dengan orang lain, khususnya di daerah dengan jumlah penderita positif, orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) tinggi.

Untuk mengoptimalkan kebijakan tinggal di rumah dan jaga jarak tersebut, lanjut Wapres, Pemerintah memantau kedisiplinan masyarakat dengan melibatkan banyak pihak dari tenaga kesehatan, keamanan hingga keagamaan.

“Penerapan disiplin social distancing atau physical distancing adalah kunci untuk membantu menekan penyebaran wabah Corona di Indonesia”

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.