Ultimate magazine theme for WordPress.

KPU Tunda Tahapan Pilkada Guna Antisipasi Corona

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan untuk menunda sebagian tahapan Pilkada Serentak 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan penundaan berkenaan dengan wabah virus corona yang semakin meluas.

“Menunda 3 tahapan penyelenggaraan pilkada, yaitu pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan dan rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data (PPDP) serta pencocokan dan penelitian (Coklit), sementara jadwal masa pendaftaran paslon pada 28 s.d 30 April tidak ditunda” kata Viryan, Sabtu (21/3).

Tiga tahapan Pilkada 2020 belum tentu mempengaruhi proses pemungutan suara. Penundaan didasari beberapa pertimbangan. Selain penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, pernyataan World Health Organization juga menjadi pertimbangan penundaan.

Kemudian Viryan juga menyatakan bahwa “Keputsan KPU menunda sejumlah tahapan Pilkada Serentak patut didukung dan tidak boleh menimbulkan perdebatan sebab hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih luas”. Pungkasnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.