Ultimate magazine theme for WordPress.

LOCKDOWN BUKAN SOLUSI UTAMA ATASI CORONA

JAKARTA – Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto, mengatakan keputusan untuk menutup akses atau lockdown karena covid-19 atau penyakit virus corona di Indonesia membutuhkan pertimbangan yang tepat dan hati-hati.
Situasi di Indonesia berbeda dengan negara lain dan Indonesia memiliki kedaulatan menentukan keputusan sendiri sehingga tidak harus mengikuti negara lain dan keputusan lockdown bukan hanya terkait kesehatan namun melibatkan banyak aspek, salah satunya ekonomi, dimana perekonomian masyarakat kelompok lemah akan sangat terpengaruh.

“Kita harus hati-hati betul dengan ini. Tidak latah-latahan. Punya kehormatan menentukan negara kita sendiri. Jadi enggak kemudian, kenapa enggak ngikut seperti itu. Ya karena kita negara merdeka, enggak harus mengikuti mereka,” ujarnya kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (15/3).
Ia juga mengaku pemerintah tidak pernah menempatkan lockdown sebagai opsi penyelesaian wabah covid-19 di Indonesia. Hal ini salah satunya berkaca pada pengalaman sejumlah negara yang menerapkan lockdown. Begitu juga dengan situasi lockdown di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang.
“Korea Selatan sendiri setelah memutuskan lockdown kasusnya tidak terkendali. Ingat kita tidak akan menutup suatu daerah dan membiarkan daerah itu penularan sampai habis. Tapi segera mencari sumber penyebaran dan isolasi,” tambahnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.