Ultimate magazine theme for WordPress.

Manfaat BPJS Bagian Dari Pemerintah Untuk Mensejahterakan Rakyat

JAKARTA – BPJS merupakan salah satu layanan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan berbagai macam manfaat kesehatan. Pemerintah dalam hal ini memfasilitasi masyarakat Indonesia dengan asuransi kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, atau yang sering disebut BPJS Kesehatan. Sejak kemunculannya pada 1 Mei 2014, BPJS Kesehatan tidak pernah berhenti dibicarakan oleh banyak masyarakat luas.

Meskipun sistem yang sudah dimiliki oleh BPJS tidak praktis seperti sistem yang dimiliki oleh asuransi konvensional, tetapi BPJS Kesehatan merupakan sebuah alternatif asuransi kesehatan yang banyak diminati oleh masyarakat luas.
Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup bahkan bisa dibilang yang paling penting. Tanpa kesehatan, manusia tidak akan bisa melakukan apapun entah bekerja atau melakukan banyak aktivitas lainnya.
Manfaat BPJS Kesehatan yang harus kita ketahui sebagai pengguna BPJS Kesehatan, agar kita bisa memanfaatkan kartu BPJS Kesehatan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari BPJS Kesehatan.

Semua Penyakit Ditanggung oleh BPJS
Jika peserta BPJS memiliki suatu penyakit, maka tidak perlu khawatir karena jika Anda memiliki kartu BPJS Kesehatan, maka semua penyakit dapat ditanggung oleh BPJS. Ada beberapa penyakit yang tidak ditanggung. Contohnya yang berhubungan dengan estetika, alternatif, infertilitas, dan juga komplementer. Ini sesuai dengan pedoman pelaksanaan JKN juga Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2014. Kemudahan yang ditawarkan ini, membuat para pengguna BPJS mengalami kepuasan. Kepuasan yang dialami karena mereka tidak khawatir lagi dengan penyakit yang mereka alami, selama mereka mempunyai kartu BPJS Kesehatan, maka mereka akan dipermudah untuk proses pemeriksaan.

Medical Check Up Tidak Diperlukan
Bila kita memiliki asuransi kesehatan swasta, biasanya kita harus mengikuti medical check up sebelum menggunakan fasilitas asuransi. Jika kita sudah terkena penyakit yang tergolong kritis dan Anda sudah berumur 40 tahun, maka premi yang kita peroleh akan semakin mahal karena terdapat besar kemungkinan kita akan menggunakan asuransi dalam waktu dekat. Ada kemungkinan juga polis yang kita ajukan akan ditolak. Berbeda dengan BPJS Kesehatan. Siapa saja tetap boleh mendaftar tanpa melalui medical check up. Bahkan, seorang ibu bisa mendaftarkan bayi yang masih ada di dalam kandungannya.

Jaminan Kesehatan Seumur Hidup
Manfaat BPJS Kesehatan yang berikutnya adalah jaminan kesehatan seumur hidup. BPJS adalah satu-satunya asuransi kesehatan yang memberikan proteksi hingga seumur hidup. Hal ini akhirnya membuat masyarakat semakin puas dalam menggunakan BPJS Kesehatan sebagai salah satu jaminan kesehatan yang sangat menjanjikan.

Prinsip Gotong Royong
BPJS Kesehatan berjalan dengan prinsip gotong royong. Oleh sebab itu, BPJS Kesehatan akan memberikan bantuan terhadap peserta BPJS yang sedang sakit tanpa melihat kondisi peserta BPJS sebelumnya dan tanpa batasan penyakit. BPJS juga memberikan bantuan terhadap peserta yang mengalami sakit seumur hidup atau jenis penyakit yang besar, seperti thalassemia, kanker, penyakit jantung, gagal ginjal, dan banyak penyakit yang tidak terdaftar dalam asuransi lain.

Memiliki Premi yang Murah
Premi yang diberikan oleh BPJS kesehatan sangat murah dibandingkan dengan layanan asuransi yang lain. Murah tidak berarti murahan, bukan? Keuntungan yang diberikan BPJS Kesehatan ini sangat banyak meskipun BPJS Kesehatan memiliki biaya yang murah. Kita akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan BPJS seperti rawat inap, pembedahan, melahirkan, dan obat. Bahkan untuk cuci darah juga sudah bisa ditanggung BPJS.

Wajib untuk Warga Indonesia
Salah satu manfaat dari BPJS Kesehatan bagi kesehatan adalah wajib digunakan untuk semua Warga Negara Indonesia, jadi Warga Indonesia yang mengalami masalah kesehatan tidak perlu khawatir karena semua akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan salah satu program yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah dan sangat diwajibkan untuk semua Warga Negara Indonesia.

Kemudahan Layanan Saat Berobat
Ketika berobat peserta BPJS Kesehatan diberikan kemudahan, kemudahan ini bisa berupa pelayanan yang baik. Petugas Rumah Sakit akan melayani segala macam keluhan yang dialami oleh peserta BPJS Kesehatan. Pelayanan diberikan kepada setiap peserta BPJS Kesehatan yang mengeluhkan gejala-gejala yang terjadi terkait dengan kesehatan peserta. Peserta BPJS Kesehatan yang berobat juga akan diberikan obat oleh pihak Rumah Sakit. Dan obat yang diberikan bisa mengatasi gejala-gejala penyakit yang dialami.

Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam kehidupan. Beberapa manfaat BPJS Kesehatan yang sudah dijelaskan sangat berguna. Karena kita harus mengetahui manfaat-manfaat yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan, hal ini bertujuan agar kita tetap puas menggunakan BPJS Kesehatan. Kesehatan kita akan dijamin oleh pemerintah melalui adanya BPJS Kesehatan dan ini adalah merupakan bagian dari Pemerintah Untuk Mensejahterakan Rakyat. ()

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.