Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemerintah Bersama DPR Bahas RUU Desain Industri

BACAFAKTA – Revisi Undang-Undang Desain Industri telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2018 sebagai perubahan atas Undang-Undang nomor 31 tahun 2000 tentang Desain Industri. RUU tersebut diusulkan sebagai penyempurnaan atas beberapa kelemahan di UU 31/2000, baik dari sisi substansi, prosedur pendaftaran, dan penegakkan hukumnya dalam pemberian perlindungan hak desain industri.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly mengungkapkan bahwa RUU Desain Industri memiliki urgensitas untuk mengakomodasi kepentingan industri kecil dan menengah dalam memperoleh perlindungan Hak Desain Industri (HDI) dan menciptakan sistem perlindungan HDI yang efektif dan efisien.

“Adapun urgensi perubahannya adalah untuk mengakomodasi kepentingan industri kecil dan menengah dalam memperoleh pelindungan Hak Desain Industri (HDI), dan menciptakan sistem pelindungan HDI yang efektif dan efisien,” kata Menkumham Yasonna, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (15/07).

Dalam Rapat Kerja antara Komisi VI DPR RI dan Pemerintah dalam rangka penyampaian Keterangan Presiden atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Desain Industri di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Menkumham Yasonna berujar tujuan akhir dari RUU ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat.

Pada prinsipnya, lanjut Yasonna, terdapat beberapa pokok perubahan terhadap Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri, antara lain perubahan definisi Desain Industri dan jangka waktu perlindungan HDI.

“Selain itu, terdapat juga pemeriksaan substansi atas kebaruan Desain Industri, Komisi Banding Desain Industri, dan penggunaan HDI dalam sarana multimedia untuk merespon perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,” kata Menkumham Yasonna, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (15/07).

Pemerintah saat ini tengah berupaya meningkatkan daya saing RI khususnya di bidang perdagangan melalui Revisi Undang-Undang Desain Industri dalam rangka merespon dinamika masyarakat dan perkembangan industri yang pesat, serta perkembangan hukum internasional.

Langkah Pemerintah membuat RUU Desain Industri merupakan bentuk perhatian terhadap perkembangan industri kecil dan menengah sehingga pertumbuhan ekonomi bisa meningkat dan terwujud kesejahteraan rakyat. Dengan adanya RUU Desain Industri, maka industri lokal akan mampu bersaing secara nasional maupun internasional dan perlindungan kekayaan intelektual yang di dalamnya termasuk Desain industri akan semakin terjamin. (ren/mcf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.