Ultimate magazine theme for WordPress.

Virus Corona Bukan Penyebab Utama Pasien Positif Ke-25 Meninggal

JAKARTA – Satu pasien positif corona atau Covid-19 meninggal dunia pada hari Rabu (11/3). Pasien tersebut ada pasien ke 25 adalah WN Inggris yang tinggal di Bali. Pemerintah Indonesia melalui Juru Bicara juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona dr. Achmad Yurianto mengkonfirmasi adanya pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Yuri mengatakan, virus corona bukan penyebab utama meninggalnya pasien tersebut.

Pasien itu meninggal disebabkan sejumlah penyakit yang lebih dulu dideritanya, seperti diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan penyakit paru obstruksi menahun, sehingga dengan terinveksinya pasien oleh virus corona membuat daya tahan tubuh pasien menjadi lebih buruk lagi.

“Bukan Corona Virus penyebab utamanya tapi itu yang memperburuknya,” kata Yuri di Jakarta, Rabu (11/03/2019).
Menurut Yuri, kondisi serupa juga terjadi pada pasien pasien yang meninggal di sejumlah negara lain. Banyak pasien yang meninggal sudah memiliki penyakit menahun lainnya sebelum terjangkit virus corona.

“Beberapa kasus yang kita pelajari dari kasus meninggal di beberapa negara, karena sepsis itu infeksi keseluruhan di pembuluh darahnya dan sebagainya yang disebabkan karena bakteri, bukan karena virusnya,” kata Yuri.

Kedutaan Inggris di Jakarta akan berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat. “Mendukung keluarga wanita Inggris yang telah meninggal di Indonesia dan melakukan kontak dengan pihak berwenang setempat,” kata salah seorang pejabat Kedutaan Inggris.

Pentingnya pencegahan virus corona disaat kondisi saat ini di mulai dari diri masing-masing dan kurangi rasa panic dalam menanggapinya, dimulai dari menjaga kesehatan dan kebugaran sistem imunitas. Mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alcohol. Karena dengan mencuci tangan sampai bersih dapat membunuh virus yang ada di tangan kita. Kemudian ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga lingkungan agar tidak tertular dengan cara tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan. Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika anda sakit. Buang tisu dan masker ke tempat sampat, lalu cucilah tangan anda. Dan menunda bepergian ke daerah/Negara yang sudah terinfeksi corona.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.