6 Kelebihan dan Kekurangan Waterproofing Membrane Bakar/Liquid

Waterproofing membrane bakar merupakan pilihan menarik untuk Anda yang ingin melindungi bangunan dari resapan air. Melapisi permukaan beton dengan membran akan membuatnya lebih kuat dan tahan lama, sebab dapat mencegah resapan air masuk ke dalam beton.

Kelebihan dari jenis waterproofing satu ini pun bervariasi, seperti tahan kelembapan hingga tahan benturan dan gesekan. Namun, terdapat pula kekurangan waterproofing dengan lapisan membran yang perlu Anda perhatikan. Ikuti informasi selengkapnya berikut ini!

4 Kelebihan Waterproofing Membrane

Sebagai salah satu waterproofing yang banyak digunakan sebagai proteksi bangunan, membran memiliki berbagai kelebihan seperti yang dijelaskan pada daftar berikut:

  • Tahan terhadap Kelembapan Tinggi

Waterproofing berlapisan membran memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kelembapan, seperti dari perubahan cuaca hujan dan panas yang tidak menentu. 

Hujan mengandung garam yang akan mempengaruhi permukaan atap jika terpapar langsung secara terus menerus. Oleh sebab itu, membran digunakan pada atap bangunan untuk melindungi permukaannya dari risiko kerusakan.  

Waterproofing akan melindungi atap dari cuaca panas dan ekstrem sejenis yang bersentuhan langsung dengan permukaannya. Material membran yang telah berstandar khusus akan memproteksi permukaan dari risiko kelembapan akibat cuaca ini.

  • Mudah Diaplikasikan

Kelebihan dari membrane waterproofing adalah area aplikasinya lebih fleksibel. Baik itu di dalam ruangan maupun luar ruangan, waterproofing bisa terpasang dan melapisi permukaan dengan baik.

Daya tempel waterproofing pun sangat baik dan kuat. Anda bisa melapisi area manapun yang Anda inginkan dengan lapisan membran. Untuk hasil maksimal, sebaiknya Anda menyewa jasa waterproofing tepercaya.

Pengerjaannya terjamin cepat dan tidak perlu waktu berhari-hari, terutama jika area pemasangan tidak begitu luas. Jasa waterproofing juga sudah ahli dan berpengalaman dalam pemasangan lapisan membran pada berbagai area bangunan.

  • Pilihan Warna Menarik

Kelebihan waterproofing dengan membran selanjutya adalah tersedia berbagai pilihan warna yang menarik. Terdapat opsi warna kekinian yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep bangunan.

Misalnya, warna hijau yang cocok untuk bangunan dengan konsep asri. Anda pun bisa menambahkan pot tanaman untuk meningkatkan visualnya. Selain itu, pemilihan warna akan membuat area seperti dak bangunan memiliki daya tarik tersendiri.

  • Tahan Benturan dan Gesekan

Elastisitas waterproofing membran cukup tinggi. Hal tersebut membuat waterproofing ini tahan terhadap gesekan dan benturan yang kuat. Material aspal pada membran akan melindungi seluruh permukaan yang terlapisi dengan waterproofing ini.

Anda bisa memasang waterproofing membran pada area bangunan yang rentan terpapar benturan dan gesekan. Jadi, permukaan area tersebut memiliki perlindungan yang lebih optimal dari risiko gesekan dan benturan.

6 Kelebihan dan Kekurangan Waterproofing Membrane Bakar/Liquid

2 Kekurangan Waterproofing Membrane

Kelebihan waterproofing membrane memang terlihat menjanjikan. Namun, Anda perlu memperhatikan juga kekurangan dari waterproofing satu ini melalui pembahasan berikut:

  • Dibutuhkan Perawatan Lebih

Membrane waterproofing membutuhkan perawatan yang lebih kompleks. Sebab, lapisannya rentan rusak ketika pemasangan. Ini juga berhubungan dengan pengaplikasian membran yang dilakukan tanpa lapisan pelindung.

Kegiatan yang dilakukan secara intensif pada area dengan waterproofing jenis membran akan membuat material rentan rusak. 

Terutama ketika kegiatan melibatkan benda tajam atau keras. Contohnya, seperti tiang jemuran yang berpindah-pindah dan membuat membran tergores. Untuk mengatasi masalah tersebut, memasang tatakan pada tiap kaki tiang jemuran pun jadi jawabannya.

Kemudian, perawatan membran perlu Anda lakukan secara berkala. Sebab, daya tahan membran selama 15 tahun akan lebih optimal jika dirawat dengan benar.

Perlu diperhatikan juga bahwa elastisitas membran bisa berkurang bila terlalu sering terpapar matahari secara langsung. Untuk itu, membran sebagai waterproofing cukup menantang untuk digunakan mengingat kompleksitasnya.

  • Sulit Dilakukan Perbaikan

Kekurangan material membran sebagai waterproofing terletak pada perbaikannya. Ketika terjadi kerusakan seperti lubang hingga keretakan pada membran, perlu pembongkaran untuk memperbaikinya.

Untuk waterproofing yang diaplikasikan pada area seperti basement, pembongkaran tidak mungkin dilakukan. Sebab, lapisan terdapat di bawah area slab beton.

Selain itu, area yang dilapisi membran akan sulit mendeteksi kebocorannya. Ini mengingat lapisan tersebut tertutup rapat oleh membran dari waterproofing.

Kerusakan pada lapisan membran ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, sebab harganya jauh lebih tinggi dari material waterproofing lainnya.

Berbagai kelebihan dan kekurangan waterproofing membrane tersebut semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang tertarik menggunakan lapisan jenis ini. Tahan terhadap kelembapan hingga tahan benturan dan gesekan jadi kualitas perlindungan yang ideal bagi bangunan.

Mendapatkan membran untuk waterproofing kini lebih mudah karena tersedia SikaShield P24 S 3 mm. Produk tersebut merupakan salah satu unggulan dari Sika. Daya rekat produk sempurna, lalu lapisan bisa segera dicat setelah diaplikasikan.

Pemasangan produk pun mudah, Anda bisa menggunakan metode dibakar atau dengan obor. Daya tahan produk sangat baik, begitu pula sifat mekaniknya seperti tarik, sobek, serta geser. 

Panel insulasi produk ini bisa direkatkan tanpa perlu perekat khusus maupun bantuan dari perlengkapan mekanis. SikaShield P24 S 3 mm juga memiliki butiran mineral dekoratif di dalamnya. 

Menggunakan produk waterproofing satu ini berarti memberikan proteksi optimal pada bangunan Anda. Kualitas produk yang tidak perlu diragukan lagi berhubungan dengan keahlian Sika yang telah berpengalaman 113 tahun lamanya.

Sika menjadi pencetus waterproofing berbahan semen yang pertama di Indonesia. Pengalaman menangani proyek tidak hanya di Indonesia saja, namun sudah sampai ke ranah global. Skala proyek Sika pun besar seperti MRT.

Maka dari itu, produk-produk dari Sika terjamin kualitasnya. Jika sedang memiliki proyek konstruksi, optimalkan dengan berbagai produk terbaik Sika. Untuk informasi lengkapnya, klik di sini

Discover a hidden easter egg

A word from our sponsor

spot_img

read more

explore

other articles